Saturday, May 1, 2010

SEO Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau yang lebih populer dengan sebutan SEO merupakan sistem pembelajaran tentang bagaimana caranya sebuah situs website atau weblog / blog memiliki kemampuan "bisa menempatkan diri" di mesin pencari atau search engine. Banyak faktor yang bisa membuat website atau blog bisa meraih ranking tinggi di hasil pencarian search engine.

Agar blog kita bisa lebih diperhatikan oleh crawl search engine tentunya ada keharusan buat pemilik blog tersebut untuk mengusahakannya, sehingga ranking yang di inginkan untuk menduduki peringkat yang lebih baik bisa di capai. Beberapa point penting untuk memaksimalkan blog agar blog bisa bersaing berebut ranking dengan blog atau website lain di search engine adalah :

Ini hasil pencarian saya di website atau blog yang membahas tentang tips trick SEO:

1. Konten Unik
Di usahakan setiap artikel yang kita buat harus berbeda dengan yang lain, maksudnya bukan menjiplak, menyalin, atau biasa disebut dengan copy paste. Jika ada artikel yang sama dengan situs lain maka kualitas weblog kita akan berkurang di mata search engine. Jika and terpaksa karena alasan tertentu ingin menyalin artikel dari situs lain di usahakan 1-2 paragraf pertama harus di modifikasi sehingga Artikel yang terposting tidak benar benar sama dengan sumbernya.

2. Tag
Ada beberapa jenis tag, yang meliputi tag meta atau meta tag dan ini biasanya tersimpan di dalam kode html/ template. Jenis tag yang konon katanya sangat berpengaruh adalah tag title, tag keywords dan tag description.

3. Links
Links merupakan element yang sangat penting untuk memudahkan search engine meng crawl blog kita. Dengan adanya links maka pengunjung bisa masuk ke situs kita dan menjelajahi isi dari blog kita. di usahakan link yang kita buat relevan dengan isi artikel yang kita buat. Membangun jaringan link sangat penting untuk meningkatkan dan memudahkan search engine menemukan blog kita. Salah satu contohnya adalah bertukar links dengan blog lain dan lebih di utamakan yang relevant atau sejenis dengan bidang yang kita buat. Cara lain adalah dengan mem bookmark blog kita ke situs sosial bookmarking.

4. Site map
Site map atau peta situs juga elemen yang penting untuk memudahkan crwal search engine meng index blog yang kita punya.

5. Terdaftar di search engine
Agar blog lebih mudah di temukan oleh search engine maka harus di daftarkan ke search engine. Utamkan search engine terkenal, populer dan sering di gunakan orang seperti google, yahoo, MSN, Lycos, dll

Jika kita sudah melekukan ke 5 point tersebut apakah lantas blog kita langsung bisa bersaing dan mendapatkan posisi tinggi di searche engine? Belum tentu juga....LHO!!!! Alasannya, setiap pemilik blog pasti juga menerapkan strateginya masing masing, paling tidak ke 5 point tersebut. Agar blog kita selalu mendapatkan perhatian dari serach engine maka setidaknya harus meng update konten, dan mengikuti perkemabngan dari info tentang SEO, karena konon algoritma google dalam mengindex sebuah blog atau situs selalu berkembang.

No comments:

Post a Comment